IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Sabtu, 28 Januari 2012

NAGA TIMUR BERBEDA DENGAN NAGA BARAT

Baik dunia Timur dan Barat, naga seringkali dikaitkan dengan alam fantasi dan mitos. Namun penampilan luarnya dan persepsi umum tentang naga sangat jauh berbeda di kedua belahan dunia tersebut.

Di Tiongkok, sebagaimana Asia Selatan, naga umumnya dijadikan simbol kebangsawanan, sakral, suci dan keberuntungan. Melalui sejarah Tiongkok, Korea dan Jepang, naga (atau konsepsi tentang naga) telah menjadi bagian hidup masyarakat sehari-hari.

Meskipun terdapat perbedaan antara naga di Timur dan Barat, mereka terhubung erat dengan kepercayaan orang.

Naga Timur digambarkan sebagai makhluk keberuntungan dengan kekuatan magis yang hidup berdampingan dengan para Dewa di Surga. Ketika seorang Buddha (Sang Sadar) atau Taois telah mencapai kesempurnaan dalam menjalani kultivasinya (tapa), mereka akan naik ke Langit dengan naik Naga Timur.

Dalam kebudayaan Barat, naga melambangkan iblis dan kegelapan. Wujudnya pun tidak seperti sosok makhluk surgawi naga Timur, naga dalam Dunia Barat memiliki gigi yang tajam dan kaki yang kuat. Juga dikatakan naga Barat bersifat jahat, membawakan penderitaan dan ketakutan pada umat manusia.

Dalam Alkitab, pada akhir Perjanjian Baru, berbicara tentang iblis, setan, dan menyebutkan sosok naga merah yang bertempur dengan Malaikat Mikail. Setan, si pendusta dunia, berhasil dikalahkan dan dilemparkan ke bumi. [Erni Tjong / Singkawang]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA