IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 14 Maret 2012

MENGUPAS AKSARA TIONGHOA (1): MEMPERKENALKAN AKSARA 一 (YI, SATU)

Dalam seri terbaru dari artikel menjelajahi aksara Tionghoa, 一(yīi) adalah karakter pertama yang  akan kami perkenalkan. Hal ini digunakan untuk mewakili konsep satu dan yang pertama.

Aksara 一 (yī; satu), dalam budaya Tiongkok, mengandung makna yang lebih dalam, karena mewakili pandangan orang Tiongkok kuno tentang alam semesta. Banyak dari Anda mungkin pernah mendengar kata "Tao" dan "Taiji". Orang Tiongkok kuno percaya bahwa sebelum terbentuknya alam semesta ada kekacauan dan jumlah yang tak terhingga. 一 (yī)  menunjukkan bahwa alam semesta terbentuk dalam sekejap. Tao kemudian dihasilkan dari 一 (yī). Pada saat yang sama, menghasilkan Yin dan Yang. Langit dan Bumi dan segala sesuatu dalam alam semesta kemudian berkembang dari interaksi Yin dan Yang dan mereka abadi selamanya. Oleh karena itu, 一 (yī)  juga mengandung makna persatuan dan utuh.

Berikut pemahaman dalam bahasa Tionghoa, 一 (yī)  memainkan peran menciptakan Langit dan Bumi, 一 (yī) bisa, karena itu, mewakili konsep ruang. Misalnya, dengan menempatkan garis horizontal pendek atau garis vertikal diatas 一 (yī), menjadi aksara 上 (shàng), yang berarti sampai, jika Anda menempatkan garis horizontal pendek atau garis vertikal di bawah 一 (yī), itu adalah aksara 下 (xià), yang berarti turun.

Secara khusus, ruang di atas 一 (yī) sering menunjukkan dunia ilahi, dan ruang bawah 一 (yī) menunjukkan dunia manusia. Kadang-kadang, ruang di atas 一 (yī) menunjukkan Yang, dan di bawah menunjukkan Yin. Jadi, aksara Tionghoa benar-benar dapat menunjukkan dimensi ruang yang berbeda. Kami akan menggunakan contoh untuk menggambarkan hal ini kemudian  memperkenalkan aksara yang terkait.

Mari kita teliti lebih lanjut proses penciptaan aksara Tionghoa. Kita sekarang tahu bahwa 上 (shàng) berarti atas, dan 下 (xià) berarti turun. Karakter 卡 (kǎ), ditunjukkan di bawah ini, menggabungkan 上 (shàng) dan 下 (xià). Bisakah Anda menebak apa artinya 卡 (kǎ)?

Hal ini digunakan untuk mengekspresikan "pos pemeriksaan", seperti 關 (guān; lulus) 卡 (kǎ) dan  邊 (biān; perbatasan) 卡 (kǎ). Karakter 卡 (kǎ) juga menunjukkan bahwa hal-hal yang tidak bisa bergerak naik atau turun. Jadi, arti lain dari 卡 (kǎ) adalah untuk memblokir.

Dalam penggunaan modern, 卡 (kǎ) juga digunakan untuk menyalin istilah asing. Sebagai contoh, 卡 (kǎ) digunakan untuk terjemahan dari kata bahasa Inggris, kartu. Kartu ulang tahun adalah 生 (shēng; lahir) 日 (ri; hari) 卡. 卡通 (kǎ tōng) adalah terjemahan bahasa mandarin untuk kartun. 通 (tōng) berarti hubungan. Karena 卡 (kǎ) di zaman modern sudah memiliki makna menyusun kertas dan gambar, sehingga 卡通 (kǎ tōng) menjadi terjemahan yang sempurna untuk kartun, secara harfiah berarti "penghubung gambar".

Terjemahan aksara Tionghoa ini tidak hanya berisi suara dari kata bahasa Inggris, tetapi juga menunjukkan arti. Contoh ini menunjukkan bahwa setelah setiap aksara Tionghoa dibuat, makna telah dibangun, dikembangkan, dan diperpanjang selama sejarah. Bahasa abjad, seperti bahasa Inggris, harus terus-menerus menciptakan kata-kata baru dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan perubahan dalam masyarakat. Aksara Tionghoa yang umum digunakan, bagaimanapun, telah berusia sekitar dua ribu tahun. [Chang Fuchang]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA