IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 11 Desember 2011

PENELITI AS CIPTAKAN SISTEM PENCEGAH PENGEMUDI MAIN PONSEL

Meski larangan pengopersian telepon selular (ponsel) saat mengemudi sudah banyak didengungkan, namun tetap saja banyak yang melanggar.

Hal itu membuat para peneliti di Stevens Institute of Technologi dan Rutgers di New Jersey, Amerika Serikat mengambil satu langkah besar. Tim yang dipimpin oleh Chen Stevens, Marco Gruteser dan Richard Martin telah menciptakan sebuah sistem yang dapat mencegah pengemudi menggunakan ponsel saat di jalan.

Para peneliti memanfaatkan koneksi Bluetooth ponsel dan speaker kendaraan untuk mendeteksi jika pengemudi menggunakan perangkat genggamnya saat berkendara.

Sistem berbasis algoritma ini mengukur sinyal akustik yang dipancarkan dari stereo dan kedekatan ponsel ke penerima Bluetooth. Tujuan utamanya yakni untuk menentukan keberadaan telepon ketika sedang dioperasikan.

Jika sinyal berasal dari jok pengemudi maka telepon akan mati dengan sendirinya. Pendeteksi sinyal ini memiliki tingkat ketepatan 95% atau sekitar 88% jika telepon diletakkan di tempat penahan minuman.

Sistem ini mengizinkan pengemudi melakukan panggilan hanya ketika kendaraan tidak dalam keadaan bergerak. Sementara penumpang tetap bisa melakukan hubungan telepon baik saat kendaraan diam maupun bergerak. [Anita Li / Jayapura / Papua / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA