IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 17 April 2012

MENGUPAS AKSARA TIONGHOA (6): AKSARA HAO

Jika sesuatu itu baik, orang Tiongkok menggambarkannya sebagai Hao. Misalnya, orang Tiongkok saling menyapa dengan Ni Hao Ma? atau apakah Anda baik-baik? Satu jawaban yang mungkin bisa digunakan Wo Hen Hao yang berarti saya (sangat) baik.

Menurut sebuah kitab panduan aksara Tiongkok, Shuo Wén Jjie Zì atau Penjelasan Sederhana dan Analisis Komposisi Aksara, aksara Hao terdiri dari Nu yang bermakna anak perempuan, dan Zi atau anak laki-laki. Mengapa simbolisasi putri dan putra bermakna baik atau indah? Hal ini dapat dijelaskan dari budaya Tiongkok.

Para orang tua sangat menyayangi anak-anaknya, karena orang Tiongkok kuno menganggap anak-anak sebagai penerus keturunan mereka. Oleh karena itu mereka menyayangi anak-anaknya, terlepas dari apakah anak itu patuh atau membangkang, rajin atau malas, cantik atau jelek. Para orang tua menerima anak-anak mereka tanpa syarat baik dan indah, mereka juga menganggap bahwa anak-anak mereka adalah baik hati sejak menit pertama lahir.

Penjelasan lain juga menyiratkan bahwa sebuah keluarga disebut baik karena mereka memiliki putra dan putri, karena anak-anak mewujudkan kelangsungan dan kebahagiaan keluarga. Sejak zaman dahulu, orang Tiongkok menempatkan banyak penekanan pada nilai keluarga dan kerabat, yang tercermin dalam praktek-praktek tradisional pemujaan leluhur.

Karena keyakinan ini, dalam keluarga  mudah dimengerti mengapa kebijakan satu anak sejak tahun 1975 mendapatkan banyak celaan. Banyak orang  Tiongkok, terutama di daerah pedesaan, menderita akibat pembatasan ini. Dalam sebuah keluarga, hanya ada Nu  atau Zi  yang dapat ditemukan, sebagian orang berpikir hidup mereka tidak lama lagi Hao, atau baik. [Renata Koh / Jakarta]

* Sumber: Google Search Engine

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA