IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 20 Desember 2011

OTAK MANUSIA MODERN LEBIH BESAR DARI MANUSIA NEANDERTHAL

Manusia modern memiliki struktur otak yang lebih besar dari manusia purba Neanderthal. Manusia Neanderthal adalah saudara paling dekat dalam garis evolusi manusia yang hidup di Bumi 24.000 tahun lalu.

Untuk mengetahui lebih jauh, peneliti menggunakan CT scan untuk memetakan interior yang terdiri dari dari lima buah tengkorak Neanderthal, empat fosil, dan 75 tengkorak manusia zaman modern. Seperti manusia modern, Neanderthal mempunyai otak lebih besar ketimbang kera dan manusia pra sejarah lainnya.

Penelitian ini juga menemukan bahwa otak manusia modern memiliki wilayah yang berkaitan dengan penciuman, lebih besar dari otak Neanderthal. Wilayah tersebut berkaitan dengan bau namun memiliki fungsi mental utama seperti belajar dan ingatan.

Paleontropolog di Spain's National Museum of Natural Science ,  Markus Bastir  melalui Msnbc, Jumat (16/12), mengatakan melalui pengalaman pribadi, ada hubungan intens antara bau dan ingatan. Penciuman pun juga memainkan peran sosial seperti untuk mengenali keluarga dan teman - teman untuk memperkuat kohesi kelompok.

Ia melanjutkan, dibandingkan dengan Neanderthal, manusia modern memiliki lobus temporal yang lebih besar yaitu area di dekat dasar otak. Para ahli syaraf mengatakan, lobus temporal ini berhubungan dengan fungsi bahasa, memori jangak panjang, teori pikiran (kemampuan mempertimbangkan perspektif orang lain), serta emosi.

Manusia modern pun juga memiliki korteks orbitofrontral yang relatif lebih luas ketimbang Neanderthal yang letaknya di bagian otak. Daerah ini berkaitan dengan pengambilan keputusan. [Zhang Mei Ling / Jakarta / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA