IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 26 Maret 2012

ASAL MUASAL LAMBANG TAIJI

Ada yang mengatakan bahwa kata Taiji pertama muncul pada Buku Perubahan Yi Jing (義淨), pada masa Dinasti Zhou. Tertulis: "Di mana ada Taiji, di sana ada kedamaian dan harmoni antara positif dan negatif".

Seperti kita ketahui bahwa orang Tionghoa biasanya menyebut dirinya sebagai anak-cucu dari YEN (Dewa Matahari) dan Huang Di (黃帝/Kaisar Kuning). Menurut legenda, pada permulaan terjadinya dunia ini, manusia selalu hidup dalam kesengsaraan karena diganggu terus oleh Setan Chi You. Terpaksalah Huang Di turun membasmi Chi You.

Ketika sedang terjadi perang yang dahsyat, Chi You menggunakan sihirnya sehingga kabut tebal mengelilingi pasukan Huang Di, sampai kehilangan arah. Huang Di kemudian membuat ZHI NAN CHE (Kereta penunjuk arah; Kompas pertama di dunia!), sambil memimpin pasukannya untuk keluar dari kabut tebal musuh.

Singkat kata, Huang Di berhasil membasmi Chi You. Kemudian Huang Di mulai mengajari manusia di bumi ini untuk membuat rumah, memasak beras jadi nasi. Isteri Huang Di, bernama Lei Zu mengajari orang untuk memelihara ulat sutra dan memintal benang dari sutra untuk membuat baju, dlsb. Lama kelamaan, mulailah terbentuk suatu peradaban yang semakin maju.

Suatu ketika saat Huang Di sedang memberikan ceramah pada masyarakatnya, ada yang menanyakan soal asal usul Sang Kaisar. Huang Di berpikir sejenak, lalu sambil tersenyum beliau menggambarkan dua ekor ikan yang saling berkejaran di dalam satu lingkaran. Huang Di mengatakan bahwa dirinya berasal dari sumber yang tidak bisa dicari awal dan akhirnya, yaitu TAO!

Kemudian, hal ini oleh pengikut Huang Di yang bertugas membuat kata-kata Tionghoa, yaitu Cang Jie, dicatat sebagai betuk bulatan yang di tengahnya ada garis meliuk seperti huruf "S", ditambahkan dengan  dua titik yang melambangkan "Dua Ikan" dan menunjukkan arti kata TAO.

Itulah asal mula lambang TAIJI/THAI CIK yang paling awal yang bisa diketahui dari legenda sejarah awal terjadinya Bangsa Tionghoa. [Anastasia Kang / Dumai]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA