IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 04 Februari 2013

CHENG HUANG : DEWA KOTA

Cheng Huang adalah dewa kota dalam mitologi Tiongkok. Tidak seperti dalam budaya Yunani kuno, bangsa Tiongkok percaya bahwa dewa pelindung kota mengawasi seluruh kota dan menjaga tembok, benteng dan parit kota  dari roh pengganggu. Cheng Huang juga adalah dewa pokok dari setiap tembok kota. Cheng artinya tembok pelindung kota. Kalu kita melihat atau menonton film silat, kita melihat tembok yang mengelilingi kota. Tembok tersebut dulu disebut Chenghuang.

Setiap dewa individual biasanya di identifikasi dengan tokoh historis atau legendaris dari setiap kota. Contohnya adalah Pang Yu, seorang jendral dijaman dinasti Tang awal yang diangkat menjadi dewa tembok kota di Shaoxing. Zhou Xin menjadi Chenghuangye di kota Hangzhou.

Konteks sejarah

Dengan ditemukannya kertas, maka terjadi perubahan besar terutama untuk kontrol sosial dan dalam banyak ritual lainnya. Pada masa dinasti Zhou sudah ada penghormatan kepada Cheng Huang atau dewa kota. Kepercayaan terhadap Cheng Huang lahir pada jaman Sanguo. Catatan sejarah menulis Dongwu membangun Chenghuang Miao pertama pada tahun 239 AD.

Dimasa dinasti utara selatan, penghormatan itu lebih meluas lagi. Hingga pada masa dinasti Qing juga para pejabat kota harus menghormat Cheng Huang. Sejak dinasti Tang, Cheng Huang dipercaya adalah dewa kota dan merupakan dewa penguasa kematian, setiap orang yang meninggal harus menghadap kepada Cheng Huang.

Para pejabat kota wajib memberikan 2 buah laporan, yang satu diberikan kepada pemerintah pusat dan satunya dibakar di kuil Cheng Huang sebagai pertanggungjawaban pejabat kota kepada dewa Pelindung Kota yang merupakan juga dewa kematian. [Angelina Lim / Medan]

* DA JIA PENG YOU - XIN NIEN KUAI LE - GONG XI FA CHAI *

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA