IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 01 Januari 2012

AKUPUNTUR (2): ZANGFU DAN FUNGSI UTAMANYA

Teo Ai Ping [Jakarta] Kanal-kanal utama dihubungkan melalui kanal-kanal sekunder, sementara cabang-cabang kanal menyebar ke seluruh permukaan tubuh, membentuk sistem kapiler. Hubungan antar kanal memungkinkan meratanya peredaran Qi hingga tercapai keseimbangan Yin dan Yang. Selain saling berhubungan, masing-masing kanal berhubungan dengan salah satu organ dalam (Zangfu) melalui jalur dalam. Salah satu fungsi terpenting kanal adalah menghubungkan organ dalam dengan permukaan tubuh hingga Qi tersalur dari Zangfu ke seluruh bagian tubuh. Ini juga berakibat gangguan Qi di satu kanal atau organ dapat tertular ke kanal/organ lain. Hal ini dapat menjelaskan penyebaran beberapa penyakit degeneratif. Karena kanal adalah saluran utama Qi dalam tubuh, gangguan Qi sering terasa sepanjang kanal. Dengan melihat lokasi gejala, seorang akupunturis dapat memastikan kanal mana yang terganggu. Gangguan pada organ dalam juga menunjukkan gejala di satu kanal atau lebih dan dapat didiagnosa dengan cara serupa. Misalnya untuk sakit jantung, nyeri dapat timbul pada kanal jantung yang terdapat di lengan. Pada tiap kanal terdapat titik-titik yang, jika dirangsang, mempengaruhi peredaran Qi pada kanal tersebut atau organ dalam yang berhubungan. Rangsangan pada titik-titik ini dengan jarum atau pijatan, merangsang Qi untuk memperbaiki ketidak-seimbangan penyebab penyakit. Untuk bisa memilih titik yang benar dan mendapat hasil terbaik, perlu ditetapkan diagnosa yang tepat berdasarkan prinsip pengobatan tradisional CIna. Zat penting tubuh lainnya, yaitu darah, cairan tubuh dan Jing, secara umum, juga sering disebut denagn istilah 'Qi'. Darah memberi makan jaringan tubuh dan menunjang kerja Qi. Cairan tubuh, termasuk ludah, keringat, cairan pencernaan dan hidung melembabkan jaringan dan organ serta menjadi pelumas persendian. Jing (sering diartikan sebagai 'sari) adalah sebutan untuk inti dasar kesehatan seseorang yang disimpan dalam ginjal dan merupakan sumber penghasil Qi bila kanal atau organ lemah atau dalam keadaan darurat. AKhir-akhir ini di Cina banyak diteliti gejala yang dikenal sebagai 'perambatan rasa sepanjang kanal' (propagation of sensation along the channels – PSC), yaitu rasa di sepanjang kanal jika titik-titik akupuntur di kanal tersebut ditusuk. Penelitian ini menunjukkan bahwa rasa tersebut meningkatkan efek pengobatan tusuk jarum. Sebagian peneliti dan ahli sejarah CIna yakin bahwa gejala inilah yang mendasari penemuan kanal.

* Zangfu (organ dalam)

Istilah CIna untuk organ dalam adalah Zangfu, yang sebenarnya terdiri dari dua kata: Zang yang berarti 'organ dalam' dan Fu yang berarti 'isi perut'. Ada lima Zang utama: paru-paru, limpa, jantung, ginjal dan hati. Zang keenam adalah selaput jantung, namun perannya kecil, sanjiao, kandung kemih dan kandung empedu Zang merupakan organ "masif" yang menyimpan Qi dan lebih bersifat Yin. Fu merupakan organ berongga tempat lewatnya makanan. Organ ini lebih aktif dari Zang yang berarti lebih bersifat Yang. Organ-organ Yin dan Yang ini dihubungkan berpasangan melalui kanal-kanal. Organ-organ inipun berpasangan dalam fungsinya. Limpa dan Lambung misalnya, mempunyai hubungan fungsi yang erat. Setiap pasangan organ dihubungkan dengan salah satu dari Lima Tahapan. Hubungan ini sangat penting dalam diagnosa dan membentuk bagian penting dalam ilmu pengobatan tradisional CIna, tubuh dan pikiran tidak dibedakan. Fungsi mental dan spiritual seseorang tidak dapat dipisahkan dari fungsi fisiknya. Gangguan emosi dapat disebabkan atau menyebabkan gangguan Qi. Emosi tertentu berhubungan dengan organ tertentu. Jantung berperan utama dalam peredaran darah. Pada pengobatan tradisional CIna, jantung juga menyimpan Shen, kesadaran seseorang. Jantung dan Sehn dianggap sebagai pengatur semua aktivitas fisiologis, spiritual dan emosi. Paru-paru bertanggungjawab untuk mengambil udara dan merubahnya menjadi Qi. Paru-paru amat berperan dalam peredaran Qi dan perlindungan tubuh terhadap penyakit-penyakit 'luar'. Lambung bersama-sama dengan Limpa terutama pengatur pencernaan. Lambung menerima makanan, menyaring zat-zat vital yang akan diubah oleh limpa menjadi Qi dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Sebagai tempat penyimpanan Jing atau 'Sari', Ginjal merupakan pusat kesehatan seseorang. Ginjal sering pula disebut sebagai sumber Yin dan Yang bagi tubuh. Ginjal berperan penting mengatur keseimbangan air dalam tubuh dan erat berkaitan dengan tulang dan pinggang. Hati berperan dalam mengatur pergerakan Qi dan mencegah penyumbatan aliran Qi, darah dan cairan tubuh.

* Fungsi Utama Organ-organ Zangfu

Hati – kelancaran aliran Qi dan penyimpanan darah Paru-paru – pernafasan, peredaran Qi, Qi pertahanan Usus besar – memisahkan padatan dan cairan Lambung – mengubah bahan makanan menjadi 'sari' Limpa – peredaran Qi ke berbagai organ Jantung – peredaran darah Usus halus – mengubah bahan makanan menjadi sari Kandung kemih – penyimpanan dan pembuangan urin Ginjal – sumber Yin dan Yang dan menjaga keseimbangan cairan Selaput jantung – melindungi jantung Zangfu (organ dalam) bertanggung jawab dalam membuat, mengedarkan, memperbarui dan menyimpan Qi, Darah dan Cairan tubuh. [Bersambung]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA