IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Sabtu, 13 April 2013

PANDANGAN SEJATI TENTANG PERADABAN DAN KEHIDUPAN MANUSIA (23): KEKELIRUAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN MODERN

Seiring dengan beraneka ragam penemuan canggih, efesiensi kerja kita telah meningkat, juga telah berhemat waktu, namun...

Manusia zaman sekarang sering mengatakan, peradaban kali ini telah mendatangkan kemajuan iptek yang luar biasa, kehidupan manusia telah mengalami perbaikan total, namun bersamaan dengan proses perkembangan pesat ini kita juga menemukan:

Seiring dengan beraneka ragam penemuan canggih, efesiensi kerja kita telah meningkat, juga telah berhemat waktu, namun kita malahan lebih sibuk lagi, hidup juga terasa lebih tidak mantap, penyakit modern pun bermunculan, kebudayaan dekaden (merosot) merajarela.

Seiring dengan kemajuan pesat ilmu kedokteran, syarat dan taraf pengobatan mengalami perbaikan, namun berbagai jenis virus juga mengalami metamorfosa, sedikit pun tidak tertinggal oleh kemajuan iptek kita, bahkan sering melampaui perkembangan pesat ilmu kesehatan kita.

Seiring dengan perkembangan ekonomi dan industri, taraf kehidupan kita telah meningkat, namun lingkungan hidup juga mengalami pencemaran serius, bumi kita dirusak hingga carut marut, bencana alam yang aneh-aneh bermunculan sehingga terasa tidak aneh lagi, kita juga sudah bukan lagi mewarisi bumi yang diturunkan oleh pendahulu kita, melainkan telah meminjam bumi buat anak cucu kia.

Seiring dengan kemajuan pesat teknologi komputer dan komunikasi, kini bumi telah menjadi sebuah desa bumi, namun yang mengherankan ialah, hubungan antara pribadi manusia telah menjadi dingin, sekat antar manusia pun semakin menebal. Di dalam bar-posting, forum facebook ataupun pesan blog, bentuk penyampaian argumen yang saling menghormati, tenang dan sabar sesuai tradisi tulus-jujur, pada umumnya telah tergantikan dengan saling menghujat, pelecehan terhadap IQ pihak lain, sindiran dan olokan karena iri hati serta pengecaman dengan nada tinggi berapi-api.

Seiring dengan kemajuan iptek secara keseluruhan, kita telah lebih memahami dunia ini, kemampuan kita bertahan hidup dengan penyesuaian terhadap alam lebih kuat lagi, namun banyak masalah fundamental dan harapan manusia yang indah sejak dahulu kala, misalnya kedamaian, kesehatan, kegembiraan, tidak hanya terhenti, bahkan kian menjauh. Kemungkinan umat manusia zaman sekarang memusnahkan diri sendiri malah jauh lebih besar daripada zaman primitif dulu. Munculnya senjata pemusnah telah memungkinkan bumi kita dimusnahkan berkali-kali.

Waktu berjalan hingga kini, kita perlu merenung sejenak, apakah perkembangan ilmu pengetahuan peradaban umat manusia kali ini telah kekurangan sesuatu? Malpraktek yang begitu besar dan banyak, apakah memang merupakan suatu keharusan dari perkembangan iptek dan kemajuan masyarakat? Pada edisi mendatang akan kita diskusikan masalah tersebut dari empat sudut pandang. [Teo Ai Ping / Jakarta]

Bersambung ...

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA