IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 19 Maret 2013

AKSARA LI

Konfusius menempatkan banyak penekanan pada perilaku orang-orang, terutama yang berkaitan dengan adat dan etika. Aksara 禮 (Li) berarti kepatutan dan mencakup gagasan tentang etika dan perilaku yang tepat.

Bagi Konfusius, perilaku yang tepat sangat penting dalam masyarakat. Dia mendalilkan bahwa semua interaksi antara manusia dan alam mengikuti aturan perilaku tertentu dan individu dalam masyarakat harus berinteraksi menurut aturan-aturan ini.

Rakyat harus menunjukkan loyalitas kepada kaisar, anak-anak harus menghormati orang tua mereka, adik harus menuakan kakak, dan generasi muda harus tunduk kepada orang tua.

禮 (Li) sangat luas cakupannya. Konfusius menulis tiga buku, "Yi Li" (Kitab Etiket dan Upacara), "Li Ji" (Kitab Ritual), dan "Zhou Li" (Ritual Zhou), yang meliputi lebih dari 300 aturan perilaku utama dan 3.000 aturan perilaku sekunder.

Bersama buku-buku ini, "Tiga Ritual", membantu menentukan aturan perilaku, meliputi segala sesuatu mulai dari menyapa orang asing di jalan hingga melakukan upacara dan memperingati nenek moyang. Bahkan, 禮 (Li) begitu penting sehingga dapat dibandingkan dengan konsep Barat budaya.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, masyarakat manusia dapat dibawa ke tingkat yang ideal harmoni dan tertib. [Margareth Lim / Tarakan]

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA