IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 24 Maret 2013

DINASTI TIONGKOK, MANDAT DARI LANGIT

Sebuah keyakinan filosofis didirikan oleh pendiri Dinasti Zhou (周朝) sekitar 1100 SM, bahwa Surga menganugerahkan hak memerintah kepada mereka yang bermoralitas.

Kepercayaan ini dikenal sebagai "Mandat dari Langit" (天命, baca: Dian Ming), yang berakar mendalam pada budaya Tiongkok dan telah memiliki pengaruh mendasar dan abadi dalam sejarah Tiongkok.

Ini menetapkan bahwa seorang penguasa harus bijaksana dan adil, mengikuti Dao (Jalan Langit) dan menjadi selaras dengan takdir. Orang Tiongkok kuno menganggap kaisar sebagai "putera Langit" dengan Surga di atasnya.

Lao Zi (老子) mengungkapkan idenya tentang kemanunggalan Langit dan manusia dalam Dao De Jing (道德經): "Manusia mengikuti Bumi, Bumi mengikuti Langit, Langit mengikuti Dao, dan Dao mengikuti secara alami."

Penguasa bijak dan cakap di zaman Tiongkok kuno, memuja dan menghargai Langit, menghormati dan melindungi subjek mereka. Sejarawan mencatat semua kata-kata dan perbuatan kaisar, dan perilaku kaisar itu dinilai oleh Konfusianisme klasik.

Raja-raja bijak memiliki para pejabat yang bijaksana dan berbudi luhur, yang berfungsi sebagai guru atau penasihatnya. Salah satu contoh adalah Yi Yin (伊尹), yang membantu Shang Tang (商汤) mendirikan Dinasti Shang (商朝) dan menjadi perdana menteri pertamanya.

Jiang Ziya (姜子牙) adalah contoh lainnya. Dia membantu Raja Wen (周文王) maupun Raja Wu (周武王) dalam membangun Dinasti Zhou. [Anita Li / Jayapura]

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA