IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 24 Januari 2012

ETNIS PUMI: MEMILIKI SEJARAH DAN BUDAYA TERTUA DI TIONGKOK

Etnis Pumi adalah salah satu etnis yang bersejarah dan berkebudayaan tua di Tiongkok. Etnis ini umumnya menempati daerah Ninglang dan Lijiang di Yunnan.

Jumlah penduduk etnis ini pada tahun 2000 adalah 33.600 orang. Bahasa mereka adalah bahasa Pumi, terbagi menjadi bahasa selatan dan utara. Selain bahasa Pumi, kebanyakan orang bisa berbicara bahasan Mandarin dan bahasa-bahasa etnis lain yang berdekatan.

Bahasa Pumi tidak mengenal aksara. Dalam sejarahnya, orang Pumi di Ninglang pernah menggunakan aksara Tibet, tetapi tidak populer. [Li Xing Yi / Shanghai]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA