IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 12 September 2012

5 TIPE WAJAH BERDASARKAN FISIOGNOMI CHINA

Fisiognomi atau yang lebih dikenal dengan nama seni membaca wajah telah dikenal pada jaman kekaisaran China. Lebih dari ribuan tahun, fisiognomi atau di China dikenal sebagai Xian Mian dipelajari untuk mengobservasi penyakit, karakter, sampai keberuntungan seseorang hanya dengan melihat wajahnya saja.

Fisiognomi Tiongkok sendiri sebenarnya mengenal sepuluh jenis wajah, akan tetapi untuk memudahkan pengamatan biasanya dipersempit menjadi hanya lima jenis wajah yang juga sesuai dengan lima elemen metafisika Tiongkok sendiri, Tanah, Kayu, Api, Logam, dan Air.

1. Wajah Tanah - Wajah berbentuk persegi pendek dengan garis rahang menonjol, kulit pucat dan tebal, suara berat, berbentuk kotak atau persegi, dan lebar dahi relatif sama dengan lebar rahang atau pipi. Orang yang bertipe wajah tanah memiliki sifat dasar yang pandai menjaga rahasia, setia, pendiam, penyayang, sedikit kaku, diam tidak mudah dipengaruhi orang, dan memutuhkan suatu peristiwa yang mengguncang sebelum bangkit tergerak. Biasanya bisa mengelola uang dengan baik.

Permasalahan yang sering dihadapi adalah keragu-raguan, makanan, perut atau lambung dan limpa. Pemilik wajah tanah harus memperhatikan gizi, enzim suplemen dan pencernaan. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi gula dan susu (sesekali gak pa2) karena dua makanan tersebut menimbulkan rasa lelah dan malas.

2. Wajah Kayu - Wajah ini memiliki bentuk wajah dan hidung yang panjang, dahi tinggi, pipi sempit, lebar dahi lebih besar daripada lebar pipi atau rahang, mata memiliki pandangan lembut, serta rambut dan alis mata tidak tebal dan kaku. Tipe ini memiliki energi pertumbuhan yang tinggi, memiliki visi masa depan yang jelas, suka belajar, betah tinggal di suatu tempat, mempunyai aspirasi, murah hati, dan mampu membuat perencanaan yang bagus.

Gangguan yang dihadapi tipe ini bila tidak bisa menyelesaikan masalahnya akan mudah mengalami frustasi dan keraguan (galau). Hambatan pada energi kayu dapat membuat hati dan saluran urine rentan terhadap penyakit dan akhirnya bisa mengalami berupa sakit kepala, masalah di pencernaan, kencing batu sampai bisul. Hindari makan berlemak berserta alkohol.

3. Wajah Api - Wajah ini memiliki bentuk wajah yang panjang, tetapi tulang pipi besar dan menonjol, dagu lancip lebih lancip dari wajah tipe kayu, lebar dahi lebih kecil daripada lebar pipi atau rahang, dan bentuk dagu membesar membentuk segitiga. Biasanya berambut keriting dan kemerahan dan memiliki gerak tubuh yang cepat. Elemen wajah tipe api ini dapat membawa kehangatan dan antusiasme dalam hal kepribadian. Mampu mengubah persepsi orang, memebrikan pencerahan atau nasihat, membutuhkan sesuatu untuk berkarya, mempunyai kemampuan membuat orang lain terbakar percaya dirinya, suka berkorban, semangat, jago dalam strategi dan pintar membina sebuah hubungan. Tipe ini merupakan tipe petualang sejati.

Elemen Api yang berlebihan dapat menimbulkan masalah pada jantung, gelisah, masalah kulit, dan insomia. makanan yang bisa melancarkan peredaran darah dan tanaman obat diperlukan oleh tipe wajah ini, misalnya gingseng dan purwoceng.

4. Wajah Logam - Wajah ini berbentuk oval dengan jarak antarmata lebar, tulang pipi menonjol dan warna kulit pucat. Wajah ini enak dipandang karena memiliki mata yang bening dan berseri dengan energi yang keluar dimatanya yang begitu banyak. Alis matanya pucat dan biasanya berambut lurus. Tipe ini adalah sosok pelopor, pembuka jalan, tegas, disiplin menuruti aturan dan ber-IQ tinggi, penyuka hal abstrak, berpikiran lurus, ahli strategi, pendendam dan cepat adaptasinya. Bisa menjadi pengacara atau konselor yang baik.

Logam adalah elemen pemikir, oleh karenanya tipe ini memiliki motivasi dan kemauan yang kuat. Umumnya, dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Tipe ini memiliki selera humor tinggi dan pekerja keras. Buruknya bisa pemikirannya bisa disusupi hal negatif dan bisa berhenti ditengah jalan dan sikapnya yang lumayan pedas. Tipe ini harus menghirup nafas panjang untuk menghimpun energi chi dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral.

5. Wajah Air - Bentuk wajah bulat, gemuk, lembut dan kadang diikuti dengan tubuh yang bulat pula. Lebar dahi relatif sama dengan pipi atau rahang. Mata besar dan lembut, rambut gelap atau berwarna. Tipe ini biasanya pendiam, lembut, mudah terbawa sensasi, rentan terhadap tarikan emosi, cerdas, solidaritas, jago berbisnis, dan suka hal yang dinamis. Tipe ini merupakan Komunikator yang baik.

Jaringan yang lembut yang terlalu banyak dapat menyebabkan kegelisahan dan emosi yang dalam. Hal ini dapat mempengaruhi energi ginjal. Jika terlalu lama stress akan mempengaruhi yin ginjal sehingga tubuh dalam kondisi panas.

Jadi yang mana tipe wajahmu ? [Priscillia Kang / Jakarta]

EMAIL KAMI

Anda juga bisa mengirim berita Tionghoa atau artikel lain untuk tampil dalam situs ini, dengan cara kirim ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA