IPTEK | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 13 September 2012

IDE BRILIAN WANG XIZHI

Menurut legenda, pada masa dinasti Jin ada seorang yang pintar menulis kaligrafi Wang Xizhi. Pada waktu ia menjabat sebagai panglima, di wilayah Youjun selama setahun terjadi bencana alam, sehingga terjadi gagal panen, banyak rakyat yang kelaparan sampai memakan kulit kayu dan rumput. Sedangkan para pejabat kaya malahan hidup dengan senang, tidak membantu para korban bencana. 

Wang Xizhi menulis laporan gawat darurat, dengan kecepatan seperti terbang menunggang kuda siang dan malam tanpa berhenti menuju ibu kota.

Raja setelah menerima laporan yang ditulis oleh Wang Xizhi, membuka dan membacanya, begitu laporan tersebut terbuka, raja segera terpesona oleh tulisan kaligrafi dari Wang Xizhi, terutama tulisan besar yang terdapat dalam laporan tersebut yaitu "Membuka Gudang Sembako" tulisan tersebut bagaikan burung merak yang terbang keluar dan naga yang sedang berenang dilautan.

Setelah melihat tulisan tersebut tanpa sadar raja berulang-ulang berseru dengan kagum :"Bagus membuka gudang sembako sangat bagus!" Suara raja bergema diseluruh istana begitu raja selesai berkata, Wang Xizhi yang berlutut dibawah segera berkata, "Terima kasih kepada kasih karunia baginda, hamba hari ini juga kembali ke wilayah Youjun untuk membagikan sembako kepada rakyat yang menderita kelaparan!"

Setelah Raja menyadari maksud perkataan Wang Xizhi, sudah terlambat, nasi telah menjadi bubur, tidak mungkin menarik kembali perkataannya, maka raja memerintahkan menterinya segera membuka gudang sembako dan membiarkan Wang Xizhi menyelamatkan rakyat yang kelaparan.

Wang Xizhi pada hari itu juga dengan konvoi berbedera dengan tulisan besar "titah Raja membantu bencana" dengan tergesa-gesa kembali ke wilayah Youjun menyelamatkan rakyat korban bencana.

Dia disambut gemuruh tepuk tangan dari seluruh rakyat! [Merry Huang / Menado]

EMAIL KAMI

Anda juga bisa mengirim berita Tionghoa atau artikel lain untuk tampil dalam situs ini, dengan cara kirim ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA